Sebuah Toko Sederhana


Dari sebuah photo diatas bisa disimpulkan apa saja yang akan saya tulis disini. Bermula dari saya menikah dengan istri saya. Kebetulan istri ada usaha kecil-kecilan membantu memasarkan produk/barang dari orang tua. Sebelum istri saya lahiran saya sudah mendampingi dia, sampailah saya melihat usaha istri secara langsung. Awalnya memang sudah diberitahu mengenai kesibukan dia, tetapi belum secara langsung, turun lapangan. 

Pengenalan

Produk/barang ini adalah sebuah kemasan atau packaging. Macam-macam plastik, kardus, dll. Saya awalnya masih gak begitu paham. Sudah diajari beberapa kali masih belum nemu iramanya, soalnya terlalu manual sekali, dari jenis barang yang susah dimengerti (soalnya tiap barang punya jargon masing-masing, dan tiap orang menyebut jargon itu juga beda-beda). 

Dari situ saya mulai ingin membuat catatan-catatan kecil, sebenarnya istri sudah membuat beberapa system sederhana, tetapi belum bisa jalan secara konsisten (pasti berhenti ditengah jalan). Seperti standar toko, saya mencoba menulis ulang, dari daftar harga, list barang, lalu dikelompokkan sesuai jenisnya masing-masing. Dari situ saya bisa melihat barang-barang kecil tersebut, tetapi belum bisa mengkelompokkan persatuan juga, karena saking banyaknya barang jadi radak kerepotan.

Step selanjutnya

Saya keinget dengan projectku waktu dijakarta, jadi dulu pernah bantuin temen buat aplikasi kasir. Sebenarnya bukan buat sendiri, tetapi menggunakan aplikasi yang sudah ada, lalu disesuikan sendiri dengan kebutuhan kita. Saya mencoba menggunakan itu. Tetapi kendalanya ada diresources. Jadi kita memfokuskan kepada biaya operasional, dengan adanya itu tentunya akan menambah biaya operasional seperti biaya listrik dan alat-alat, serta harus ada edukasi kepada pegawai juga. Jadi saya dan istri memutuskan untuk semi-manual saja dulu.

Seiring berkembangnya teknologi, kami juga sudah membuat website untuk keperluan profil toko. Dimaksudkan agar bisa mengikuti pergeseran zaman sekarang ini. Alamat websitenya ada di https://www.tokoplastikab.com/ . Berisi mengenai toko kami dari profil toko, kontak, barang/produk apa saja yang dipasarkan, tempat dan masih banyak lagi informasi yang lainnya. 

Selain website, toko kami (Toko Plasti Agung Barokah) juga mempunya akun sosial media. Untuk halaman facebook ada di halaman https://www.facebook.com/tokoplastikab sedangkan untuk akun instagram ada di https://www.instagram.com/tokoplastikab/ , pokoknya serba tokoplastikab, tujuan agar mudah dibaca oleh orang lain.

Step Terakhir

Tentunya tidak ada yang terakhir, adanya yaitu perbaikan step sebelumnya. Saya kebetulan menjadi karyawan swasta di sebuah perusahaan penerbangan. Ada satu hal bagus untuk diadobsi yaitu istilah PDCA. Kebetulan boss saya dulu adalah seorang Pilot disebuah Perusahan BUMN di Indonesia, dan beliau juga sangat familier dengan istilah PDCA.

PDCA adalah singkatan dari Plan, Do, Check, Act. Untuk ilustrasinya sebagai berikut:

Ini juga bisa digunakan disemua bisnis unit yang ada. Jadi sebenarnya kami sudah melakukan PDCA secara sderhana, tetapi masalahnya belum ada proses check dari apa yang sudah kita lakukan. Jadi kami juga masih belajar lagi dalam mengembangkan Toko kami.

Untuk cukup sekian dulu, karena ketika saya nulis ini jakarta sedang dilanda banjir. Jadi ini mau pulang terlebih dahulu. Ok Terima kasih... 
Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D