Belajar Visual Studio Code



Jadi barusan ingin belajar lagi mengenai pemrograman, yang dimentori oleh video dari seorang youtuber bernama sandika galih. Penjelasannya runtut sekali, sebelum memulai dia membangas mengenai IDE, yaitu visual studio code. Saya juga pakai visual studio code sih, karena mungkin saya bermain seperti CMS atau Wordpress. Jadi jarang sekali membangun sebuah program dari Nol, dan sekarang ini saya berniat ingin belajar pondasi-pondasinya.

Oke, sekarang langsung saja. Dari video tersebut menerangkan extention/plug-in/add-on tambahan ya mungkin bisa membantu dalam proses belajar kedepan. Kita bahas satu-satu:

  1. Sublime text keymap and setting importer
    Ini merupakan extention tambahan untuk visual studio code untuk menyamakan shortcut atau keymap dari sublime text ke visual studio code.
  2. Open in browser
    Kalo yang ini untuk langsung membuka codingan kita ke dalam browser, jadi gak usah susah susah ngetik-ngetik lagi di browser
  3. Live server
    Yang ini mungkin aku baru tau nih, jadi kadang kita terkendala oleh cookies atau harus refresh2, jadi tindakan yang banyak, kalo pakek ini bisa terbantukan setidaknya lebih sedikit jari-jari ini melakukan suatu perintah
  4. Auto Rename Tag
    Dari namanya sudah pada taukan, jadi ketika kita ingin mengganti nama tag, nah tag penutupnya juga ikutan ganti.
  5. Intellisense for css classnames
    Yang ini harus ketika udah nguasai banget, karena aku belum nguasai banget ya radak gak aku jelasin. Intinya sih, kayak ketika kita ingin buat class dalam css nanti udah muncul sendiri, class apa yang diinginkan.
  6. Indent Rainbow
    Nah, ini membantu banget dalam modifikasi code, aku kadang ketika ingin memodifikasi code itu susah antara membedakan mana pembuka dan penutup, jadi kalo pakek ini bisa memudahkan mana pembuka dan mana penutupnya.
  7. Bracker pair colorizer
    Kalo yang ini prinsip kerjanya sama kayak indent rainbow, tapi kalo yang ini lebih ke kurung kurawalnya ( { ) , jadi sangat terbantukan sekali jika ingin coding
  8. Beautify
    Kalo ini bisa mempercantik hasil copian code kita, jadi gak berantakan gitu deh
  9. Php Intellisense
    Mirip intellisense for css clasnames, tetapi kalo ini mengenai PHP
  10. One dark pro
    Yang terakhir ini murapakan theme/template sih, jadi visual studio code kita bisa disamakan dengan punyanya github, yaitu atom.

Mungkin itu saja sih, point-point tambahan sebelum belajar coding menggunakan visual studio code. Mohon maaf kalo tidak sejelas yang aslinya, toh ini juga buat resume saja buat ngisi-ngisi diblog saya ini.

Terima kasih

Salam ketik

Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D