Membuat Media Server




Bermula dari melihat berbagai sudut informasi sekarang ini, seperti aplikasi streaming lagi gencar-gencarnya dipush sama "orang-orang besar". Saya jadi kepikiran untuk membuat streaming sendiri dirumah dengan bantuan file-file/database yang offline lalu dijadikan media server sendiri. Rencana saya ingin membuat media server yang offline dengan file-file/database sendiri.

Jadi kemaren main ketempat temen, dia menyarankan untuk memakai PLEX. Dulu sebenarnya sudah ada, pakai KODI karena dari perangkat disediakan. Saya dulu menggunakan perangkat Raspberry 2.

Oke, lanjut lagi. Angan-angan saya, ingin membuat media server apa saja yang kita ingin masukkan, termasuk gambar, video (personal maupun film), pasti seru tuh. Kita gak perlu langganan, tetapi kita punya sendiri dengan update secara manual.
Bayangan saya, ketika nanti masuk kamar atau ruangan keluarga, kita nyalakan perangkat lalu menikmati media (entah itu audio, gallery maupun video).

Berikut mungkin beberapa perangkat yang dibutuhkan:

  1. Raspberry Pi
  2. HDD
  3. TV
  4. Kabel Pendukung
Untuk oerkembangan selanjutnya nanti akan diupdate.

Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D