Jangan fokus terhadap Gaji




Saya mendapatkan sebuah artikel yang menarik mengenai wealth/kekayaan. Tulisan dari Jonah Malin, dia menyebutkan tingkat atas dari kekayaan itu adalah kesimbangan antara pendapatan aktif dan pendapatan pasif. Mari kita jelaskan.

Dia berpendapat, uang didalam hidupnya terbagi dari 2 kategori. Yaitu gaji dan tabungan. Dengan keahlian dan waktunya dia bisa mendapatkan imbalan uang atas semua itu. Kemudian uang itu akan digunakan untuk dirisendiri dan untuk ditabung.

Sama seperti saya, biasanya aku membagikan uangku atas 4 kategori: Untuk survaive, hobi, tabungan dan amal. Konsepnya sih sama, menyisihkan sebagian uang untuk dijadikan pasif income atau pendapatan pasif. Oke mari kita jelaskan pendapatan aktif dan pasif.

Pedapatan aktif

Pendapatan aktif adalah take home pay/ gaji yang kamu dapat dari pekerjaan kamu. Seperti gaji Karyawan swasta, PNS, Gojek, dll. Biasanya ini adalah proses tukaran waktu kamu untuk uang.

Pendapatan Pasif

Ini adalah penghasilan yang mungkin tidak memerlukan banyak pekerjaan, termasuk investasi, real estat, e-komersil, royalty dll. Jadi ini memungkinkan kamu untuk memiliki fleksibelitas finansial diluar jam kerja, tanpa harus hadir untuk menuai keuntungan-keuntungan.

Jadi seperti aku tulisan diatas, sebenarnya rahasia untuk sukses bukan digaji tetapi rahasia untuk sukses adalah mengerti bagaimana membangun 2 sumber pendapatan itu, aktif income dan pasif income.

Banyak orang yang puas dengan gaji karir mereka, atau duduk dikursi jabatannya selama satu decade sebelum lengser. Jika ambisi kamu itu rata-rata, maka pola pikir itu biasa-biasa saja. Tetapi untuk bisa pada posisi teratas kekayaan, anda harus mulai mencari cara berbeda untuk menghasilkan uang secara bersamaan.

Jika dibreak down, pendapatan saya:
  • Main job sebagai karyawan swasta
  • Usaha kecil-kecilan.

Mungkin diawal tahun 2020 setidaknya harus ada 2 aliran pendapatan lain:
  • Freelance IT
  • Marketing Application
  • Membuka cabang Toko lagi
  • Dll

Wealth is more than money. It is a series of learned strategies and behaviors. Dan saya mengambil kutipan dari Edmund burke,

“ if we command our wealth, we shall be free; if our wealth commands us, we are poor indeed.

Kesimpulan

Proses ini tidak akan terjadi dalam semalam. Saya yakin sebagian besar orang yang membaca ini termasuk saya belum memiliki lebih dari beberapa aliran pendapatan.

Jika anda sudah melakukannya, luar biasa. Anda sudah berapa dijalan menuju masa depan yang lebih kaya. Jika belum, jangan panik…. Dan jika ada hanya memiliki satu pendapatan, syukuri saja semuanya yang telah diberikan. Tetapi terlepas itu semua, sebenarnya tujuan kita adalah mendapatkan bola kecil yang menggelinding yang meneliti peluang yang ada diluar sana untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Mulailah dengan sesuatu yang mudah seperti menginvestasikan sebagian kecil dari gaji anda. Seiring waktu anda dapat membangun berbagai aliran pendapatan. Enjoy your life….

Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D