Kontribusi Arsip Digital pada BIG DATA


Dihari yang cerah, disuatu kota saya dan alm. teman saya beserta teman-teman yang lain ingin meluangkan waktu sejenak. Kami mencari tempat yang kami rasa nyaman, dan tempat itu Gramedia. Selain ada buku-buku, alat elektronik, kerajinan tangan dll, saya sangat suka melihat warna-warni penyusunan alat-alat tulis dan kantor yang ditata sangat menggemaskan.

Kejadian diatas mungkin udah beberapa tahun yang lalu, tapi pada saat itu aku sudah kepikiran sama data minner. Sampai saat ini kalo bisa aku tidak ingin menghapus data-data, lebih baik beli storage yang baru untuk menampung data yang baru. Aku kepikiran aja, mungkin suatu saat nanti bisa digunakan data tersebut selain sifat males saya tentunya 😁 . Edward Snoden pernah bilang, "Bukan mengenai data yang dilindungi, tapi pengumpulan data tersebut". Jadi dari pengumpulan data tersebut akan terbentuklah Big Data.

Dahulu kala, waktu pertama kali kedunia kerja di ibu kota, aku sangat concern sekali dengan Big Data, walaupun sangat susah sekali agar bisa dikatakan Big Data itu sendiri, pokoknya Sotoy aja ngomong Big Data, mirip kayak tulisan sekarang ini hehe, bedanya mungkin sekarang udah sedikit banyak refrensi.

Ada sebuah triger yang membuat aku nulis semacam ini, yaitu:


Seperti dicoretanku sebelumnya, saya menulis tentang kepergian teman sekaligus sahabat saya, yang berkontribusi banyak dalam menyusun lego perjalanan hidup ini.

Ketika melihat tweet dari alm. aku langsung kepikiran:

Wah, Issue ini juga dulu jadi concern-ku nih? aku akan wujudkan list tersebut teman 😮

Yah, memang kita basic dunia perkuliahannya librarian ya, Yah kami melihat tantangan kedepannya seperti itu. Kita sudah diperlihatkan bagaimana AI, Print 3D, Robotic dll yang mungkin akan jadi obstacle kita sebgai manusia (kejauhan gak sih hehehe).
Walaupun mungkin sangat jauh, setidaknya kita bisa ikut kontribusi atau mendekati kontribusi 😄 dalam tantangan data yang akan datang.

Kemaren, kebetulan ada sebuah slide yang mungkin related dengan keresahan kami mengenai Big Data, berikut slidenya dibawah ini:


Setelah saya baca, ada banyak sudut pandang baru mengenai Big Data, lebih jelasnya silahkan baca saja, saya sedang males menjelaskan kembali, bukan apa-apa, ya karena males aja 😂

Selama ini sesaui pengalamanku, aku rasa data itu cuma bersifat MANDEK. Ya cuma dimasukkan kedalam server saja buat pajangan. Mirip sama dengan loker mungkin. Tapi seperti dikatakan seorang tokoh nasional mengenai pergerakan desa, jika data hanya mandek diserver itu salah besar, seharusnya dari data tersebut kita bisa mengekstrak suatu informasi yang dibutuhkan oleh pihak terkait dong.

Jadi bagaimana data yang kita kumpulkan itu bekerja buat kita, begitulah...
Mungkin cukup sekian coretan dari saya, kalo ada yang kurang paham, SAMA, Mari kita belajar bareng-bareng 😊
Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D