Owner Gilber Laundry

Kalo kata Bob sadiono :

Setinggi apapun posisi kamu diperusahaan kamu masih saja pegawai, dan serendah apapun posisi kamu jika buka usaha sendiri kamu adalah bos

Kali ini saya akan mencoba menulis tentang usaha startup teman saya  dibilang baru berumur jagung, tetapi dengan kegigihannya insyalloh kedepan berhasil. Amiin
Sebelumnya jika berkenan saya tampilkan biodata singkatnya sbb:

Dok. Pribadi
Nama: Zhaahir Basyarewan, S.T
Usia : Masih kepala dua
Alamat Asli : Kupang
StayHome: Jakarta
Hobi : Membaca
Makanan Favorit: -
Minuman Favorit: Moke
Relationship: Complicated

Sebenarnya saya menulis agar jaketnya bisa dilepas dengan harga berapa giitu atau kacamatanya itu hahaha *becanda
Jadi seperti judul diatas bisa ditebak startup model seperti apa yang ditekuni saudara zhahir ini. Bermula dari kebetulan mendapatkan ide mengenai echo ball kemudian dibrowse kesemuanya sampailah ketitik untuk membuka tempat cucian.

Dibalik kacamata dan tangan dinginnya dan lobby-lobby dengan pendekatan orang timur akhirnya telah dibuka juga laundryannya. Bertempat di Mangga besar area rumah susun dikaranganyar. Nama tempat seperti nama di solo tepatnya juga karanganyar hahahaha

Kemudian ketika mau wawancara teman saya ini susah sekali, lalu coba aku kasih sebatang rokok kemudian dia mau, alhamdulilah.. 😂*piss
Lalu apa saja wawancara yang saya dapatkan, berikut secuil wawancaranya,


Music Request : Narasumber

Oke...check this out, right now...

1. Apa yang mendorong anda untuk buka usaha laundry?

Jawab: bermula dari satu alasan sederhana. Karena saya belum mempunyai istri sampai saat ini, membuat saya pusing ngurusin baju kotor saya. Nyuci dan strika adalah masalah besar saya, so saya berpikir bagaimana caranya agar masalah saya ini teratasi dengan tanpa mengambil waktu santai saya.

2. Tekun dan sabar, dimata anda itu yang digimana sih?

Jawab: saat harapan anda tergoncang dengan masalah anda tetap tersenyum dan tetap tempur untuk mewujudkan harapan anda.

3. Apa yang membedakan usaha anda dengan usaha yang lain?

Jawab: usaha yang saya buat adalah usaha experimen, usaha yang akan saya pakai untuk bisa melahirkan sebuah sistem kongkrit dan pengusaha-pengusaha laundry.bukan usaha yang hanya memfokuskan pada uang saja.

4. Kata teman kita si R, tahun pertama dalam startup pasti akan mengalami kegagalan, ditahun ketiga baru bisa keliatan, atau kalo istilah saya kalo di skalakan 1samapi 100 mungkin anda masih di angka 1 kemudian berjalan ke 10 lalu akan kembali ke 0 lagi lalu baru itu sampai 100.  How think about you?

Jawab: saya belum bisa menjawab..dan saya ingin membuktikannya hingga ke angka 100 tanpa lelah dan menyerah yang mematahkan segalanya.

5. Jika kamu sukses, keinginan apa yang pertama akan anda lakukan?

Jawab: sukses disini saya gambarkan adalah saya mempunyai pendapatan besar dari usaha saya, saat itu terpenuhi insha Allah saya ingin menyalurkan uang tersebut untuk membangun masjid.


Begitulah kira-kira wawancara kita bersama owner muda lundry ini......
Selamat membaca tulisan yang lain hehehe

Share: