Perpustakaan terbesar di Asia ada di indonesia

Yah, mungkin ada yang tau atau ada yang gak tahu kalo sebenarnya perpustakaan terbesar diasia ada di indonesia. Keren bukan indonesia..hahahaha
Saya waktu melihat bangunannya sungguh modern sekali. Walau hanya photo dan miniatur tetapi menurut saya perpustakaan ini akan menjadi pusat segala informasi. :P



DEPOK - Universitas Indonesia (UI) telah memulai pembangunan salah satu gedung perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia.

Menurut rencana, proyek pembangunan akan selesai pada Desember 2009 dengan total anggaran Rp110 miliar. Dalam rangka pembangunan gedung berlantai delapan tersebut, tadi siang dilakukan pencanangan tiang pertama di atas lahan seluas 30.000 m2. Hadir dalam acara itu Rektor UI Gumilar R Soemantri, Dirut PT Waskita M Kholik, dan Ketua Wali Amanah UI Purnomo Prawiro.

Gedung perpustakaan yang diklaim sebagai salah satu perpustakaan terbesar di kawasan Asia ini didesain dengan konsep sustanaible building. Yang unik dari gedung ini adalah sebagian dari kebutuhan energi menggunakan sumber energi matahari yang hemat energi dan air.



Gedung perpustakaan juga akan didesain bebas dari asap rokok dan hemat air. Yang unik lagi, untuk mencapai gedung ini pengunjung diwajibkan menggunakan sepeda atau dengan berjalan kaki. "Kita ingin menghadirkan suasana yang ramah lingkungan," ujar Rektor UI Gumilar R Soemantri di Depok, Senin (1/6/2009).

Koleksi 5 juta buku akan didatangkan. Ada tiga lantai yang berisi buku-buku berdasarkan rumpun ilmu. Di antaranya Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Sosial dan Humaniora serta Ilmu Science dan Engineering dengan masing-masing lantai seluas 6 ribu m2.

Keunikan lain, terdapat berbagai huruf aksara dari seluruh dunia yang akan ditulis di kaca gedung sebagai dinding. Untuk menambah keindahan bangunan gedung, nantinya gedung akan dibangun dengan gaya arsitektur yang unik seperti prasasti.

Sedangkan pepohonan besar berusia 30 tahunan, dengan diameter lebih 100 cm, yang tidak ditebang saat pembangunan, melengkapi bagian depan dan samping lanskap gedung tersebut. "Keindahan menjadi lengkap karena gedung mengeksplorasi secara maksimal keindahan tepi danau yang asri, sejuk, dan, teduh," ujarnya.

Gedung ini juga dilengkapi silent-room bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya. "Perpustakaan akan dilengkapi sistem ICT mutakhir yang menungkinkan pengunjung menikmati secara leluasa sumber informasi elektronik seperti e-book, e-journal, dan sebagainya," kata Gumilar.

Mengenai alokasi dana, Gumilar menjelaskan, mendapat bantuan pendidikan dari negara sebesar Rp78 miliar. "Sedangkan sisanya sebanyak Rp32 miliar dibantu oleh BNI 46," jelasnya.



Berikut Desain photonya.





Dengan kemajuan zaman ini mungkin sekarang sudah ada toko virtual, tidak di elakkan lagi perpustakaan virtual akan ada. Ada kabar-kabar Amazon akan meluncurkan perpustakaan virtual di Amerika sana. Tentunya jelas di amerika karena disana sudah menerapkan sistem digitalisasi sekitar tahun 2010 kemarin. Kalo itu diterapkan di indonesia mungkin tidak jalan karena sarana dan pasaran tidak mendukung serta SDM yang belum memadai. Dengan di desainya perpustakaan terbesar di Asia tersebut dimungkinkan perkembangan dunia perpustakaan di indonesia akan berkembangan sangat cepat. Ditempat saya, solo bahkan jurusan perpustakaan semakin bertambah yang berminat. wah.... prospeknya mungkin akan lebih besar... sehingga peluang kerja akan meningkat. tetapi kalo dicermati perpustakaan mendapat gelar citra yang kurang. ane gak tau itu perasaan ane ato tidak tp mungkin krn teman2 minder atau apa. Tetapi menurut saya no problem. This okey, perpustakaan itu monoton tetapi tergantung orang itu memandang dari sisi mana??
yang jelas zaman telah bergeser ke dunia digitalisasi, mau tidak mau perpustakaan juga harus mengikuti zaman.

Source
Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D