Menjadi Orang Pagi :)




Setelah beberapa membaca sebuah artikel bagaimana menjadi orang pagi, saya menggaris bawahi menjadi 3, yaitu Value, no self-talk negative, be behavior.

Kadang tetap saja saya kurang bisa menerapkan itu, dikehidupan urban khususnya Jakarta sangat sulit (mungkin Cuma bagi saya) untuk menjadi orang pagi. Dulu jika dikota lain khususnya dipedesaan, bisa saja menjadi orang pagi, karena mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhi khususnya istri hehe.

Di kota urban dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri, aku mencoba untuk selalu tidur lebih awal tetapi kurang bisa. Jadi badan harus capek sekali terlebih dahulu agar bisa langsung tidur nyenyak. Seperti diawal tulisan saya tadi, ada 3 point menjadi orang pagi.

Value

Saya menginginkan ketika saya bangun pagi jam 4 pagi karena ada banyak hal yang ingin saya lakukan pada awal hari saya. Saya peduli pada pernaikan diri saya, dan jika saya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan itu setelah bekerja, saya melakukannya karena saya akan terlalu Lelah.
Dari jam 4 pagi sampai jam 8 pagi, saya focus pada peningkatan diri saya, itu termasuk:

  • Berolahraga selama 30 menit.
  • Berlatih 2 keterampilan masing-masing selama 30 menit;
  • Membuat jurnal hingga 30 menit;
  • Membaca (Al-Quran, Buku, Berita, Artikel) antara 30-60 menit

No self-talk negatives

Dalam hati Saya, apakah benar-benar tidak ada cara Saya bisa bangun lebih awal? Apakah kamu yakin

Jika Saya tidur lebih awal, tidak bisakah Saya bangun lebih awal? Jika Saya merasa istirahat, apakah Saya akan membutuhkan banyak tidur? Jika tidak, tidak bisakah Saya bangun lebih awal? Tidak ada burung hantu malam yang berhasil bangun lebih awal? Jika mereka bisa, mengapa Saya tidak bisa? Apa yang membuat Saya begitu istimewa?

Saya BISA bangun lebih awal. Mengatakan pada diri sendiri bahwa Saya tidak bisa hanya memperkuat keyakinan itu dalam pikiran Saya. Itu saja - sebuah keyakinan. Dan kepercayaan bisa berubah. Henry Ford melakukannya dengan benar ketika dia berkata:

“Whether you think you can or you can’t, you’re right.” - Henry Ford


Ketika Saya melakukan langkah pertama dengan baik, langkah ini menjadi jauh lebih mudah. Itu tidak tetap menjadi pertanyaan "jika Saya bisa", itu menjadi pertanyaan "saya harus". Semakin Saya membuatnya menjadi kebutuhan di otak Saya, semakin mudah untuk membingkai ulang perspektif Saya dan mengatakan "Anda tahu apa, saya bisa bangun lebih awal!".

Behavior

Suka atau tidak suka kita adalah makhluk kebiasaan. Alasan kita menjadi burung hantu malam hari adalah karena kita mengarahkan diri kita untuk menjadi satu melalui kebiasaan kita.
Mungkin ada sebuah catatan bisa lebih efektif, saya berencana mengunakan catatan/jurnal tidur agar terliat trend-nya seperti apa. Seperti ini:

Sleeping Time

Kesimpulan

Jika Anda ingin menjadi orang pagi dalam waktu 30 hari atau kurang, pastikan untuk mengatur niat dengan benar. Miliki pola pikir bahwa itu tidak hanya mungkin, tetapi juga penting. Dengan mengikuti 3 langkah singkat di atas, Anda sedang dalam perjalanan untuk menjadi orang pagi. Jangan menyerah.

Share:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar :D