Go Computing Cloud

Habis pulang kerja dari kantor langsung nyalakan laptop dan menulis kyak ini hehehe
Jadi saya tadi kepikiran tentang cloud computing. Apasih cloud computing itu?  jadi menurut wikipedia cloud computing itu adalah

Cloud computing is a type of Internet-based computing that provides shared computer processing resources and data to computers and other devices on demand. It is a model for enabling ubiquitous, on-demand access to a shared pool of configurable computing resources (e.g., computer networks, servers, storage, applications and services),[1][2] which can be rapidly provisioned and released with minimal management effort. Cloud computing and storage solutions provide users and enterprises with various capabilities to store and process their data in third-party data centers[3] that may be located far from the user–ranging in distance from across a city to across the world. Cloud computing relies on sharing of resources to achieve coherence and economy of scale, similar to a utility (like the electricity grid) over an electricity network.


Jadi sangat berguna sekali, karena sekarang banyak perusahaan yang menyediakan cloud computing seperti dropbox, google dan lainnya. Aku pikir sih itu kyak drive yang ada di internet. Seperti dulu karena aku dari kondisi yang kurang, untuk menyimpan file atau data harus aku masukkan kedalam email, karena dulu kalo gak salah penyimpanan di email itu sampai 25Gb. Mungkin konsep itu jadi pondasi adanya cloud. Terus manfaat cloud itu apasih?

Seperti dijelaskan di wikipedia manfaat compoting cloud itu sbb:
  • Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.
  • Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.
  • Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.
  • Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.
  • Kecemasan, ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak
Jadi begitu, keinginan saya sangat besar untuk memindahkan sebagian besar dataku ke dalam cloud tersebut. Karena yang ku tau google drive lumayan besar untuk 1 akun yaitu 15Gb, saya berniat ingin memasukkan kesana. Film-film, software-software asli maupun bajakan :P, musik asli ataupun bajakan juga serta photo-photo dan file-file lainnya.
Tentunya dalam pembuatan cloud tersebut seperti kalo kita membuka windows explorer di OS, jadi juga harus pandai memanagement file juga, dan aku lemah dengan itu. Oleh karena itu nanti kalo sudah agar ada backlink di blog ini aku cantumkan disini.


Dewasa ini memang segala sesuatu pasti diliat secara handset atau boleh dikatakan mobile dan portible. Semenjak ada smartphone serta mobile device yang semakin menjamur boleh dikatakan banyak penyedia jasa computing berbasis cloud, seperti streaming dan real time.

Ternyata setelah beberapa minggu melakukan prosesi ini, kendalanya tetap di daya tampung dari layanan google itu sendiri, dengan kecepatan up to 25 mbps dari provider tetep saja upload beberapa giga lemot juga haha

Kedepan dunia seperti apa ya?perkembangan dan inovasi yang ditawarkan? liat saja
Oke sekian dahulu dan terima kasih

Salam

Share: