Vespa Mogok??#$%^&

Gini gan, kemaren verpa ane mogok (aduhhh) padahal ama cewek ane gan..
yasudah dech terpaksa berhenti ditengah jalan trus cewek ane ane suruh duduk manis dibawah pohon mangga sambil ngliat aku memperbaiki Vespaku tersebut.

(tetetettutttettetetetek)

haduh, ane lupa kalo kunci mesin ane dipinjem temenku.. (glloooooodakkk@#$%^&)
yasudah ane ngalahin ke bengkel

aku: " lek, ajeng ndandosi vespa pak"
tukang bengke: "wah, aku ra iso ndandani vespa"
aku: "haa? (gloooodakkkk@#$)
aku: "nggihpun pak, ngampel kunci mesin'e mawok (podo pak ak yow ra iso"

(tetetettutttettetetetek)

susah gan, menurut kebiasaan ane sih kalo vespa mogok tu businya dicopot trus digenjot lalu dipasang kembali businya udah bisa gan, tapi ini gak gan... (mammmpusss ane, cewek ane udah nunggu klamaan nich)
yasudah, dengan sabar ane coba ngutek-ngutek platina ane gan, masih ajah gak bisa..haduhhhhhhhh
trus bpak bengkelnya datang...

tukang bengkel: "dreng saged tow?"
aku:"dereng'ok pak"

(tetetettutttettetetetek)
pppprraaaakkkk

busi ane dipecah gan...
tukang bengkel: wah, "dereng sagedd niki mas"
aku: "nggihpun, kulo titipke mawon pak, mator suwun"

yah kasian cewek ane nunggu kelamaan gann yasudah ane titip vespaku ditempat orang ajah...
trus esok harinya ane tnya tmen ane trus didandani tu vespaku, yang didandani sekernya gan... dicopot trus

(tetetettutttettetetetek)
ngggoooooooeeeennnggg dong dong dong

trus dari pengalaman diatas ane langsung nyari artikel tentang cara darurat memperbaiki vespa gan...

cekidot!!!!!

Mesin Tidak Dapat atau Sukar Di Starter
Langkah pertama adalah memeriksa sistem penyaluran bahan bakar dan sistem pengapian

Sebab-sebab utama kerusakan
1. Mesin Banjir
2. Spuyer pada karbu tersumbat atau kotor
3. Saluran pada karbu tersumbat atau kotor
4. Kran bensin tersumbat atau kotor
5. Sistem pengapian terganggu

Cara Penanggulangan
1. Tutuplah kran bensin, buka gas lebar2 da injak kick starter berulang-ulang sampai mesin hidup (dalam hal ini busi dalam keadaan terpasang)
2. Bila kick starter teras berat hal ini menunjukan bahwa sudah banyak bensin masuk kedalam ruang bakar bahkan karter. Penanggulangan nya sama seperti diatas namun busi dalam keadaan tidak terpasang jika bensin diperkirakan sudah terbuang maka pasang kembali busi dan selah sampai hidup
3. Jika diduga spuyer kotor maka bersihkan dengan bensin atau minyak tanah
4. Jika saluran karburator kotor maka bongkar karburator dan bersihkan
5. Gejala yang terlihat bila kran bensin kotor adalah sedikit atau tidak ada bensin yang keluar ke karburator, untuk membersihkannya kran bensin harus dilepas dari tangki
6. Gejala yang terlihat bila pengapian terganggu adalah busi tidak nyala atau nyalanya tidak normal ini ada beberapa kemungkinan :
- Busi tidak sesuai atau tidak cocok, jika tidak sesusai gantilah dengan yg baru.
- Celah elektroda busi tidak tepat, setelah celah busi sampai dicapai ukuran yg sesuai.
- Kabel busi atau kepala busi aus, gantilah dengan yg baru
- KOndensor rusak, gantilah dengan yg baru
- Koil rusak, perbaiki atau ganti dengan yg baru
- Penyetelan pengapian tidak tepat, setelah celah platina atau atur saat pengapian




Share:

2 comments:

  1. mantap gan saya jadi betah ni maen di blog agan..

    ReplyDelete
  2. cara penanggulangan nya bisa ditiru nih . btw makasih :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar :D